Home / Berita / Waspada Broadcast BBM Channel Palsu
Broadcast bbm channel palsu
Broadcast bbm channel palsu

Waspada Broadcast BBM Channel Palsu

Apakah Anda mendapat undangan untuk bergabung ke BBM Channel akhir-akhir ini? Waspadalah, pasalnya pihak resmi BlackBerry menyatakan bahwa salah satu pesan broadcast yang beredar di BlackBerry Messenger (BBM) baru-baru dipastikan sebagai informasi palsu. Dalam pesan broadcast itu berisi undangan untuk bergabung ke BBM Channel palsu.

Pesan broadcast itu menjanjikan pengguna akan selalu menerima update terbaru secara otomatis. Bahkan, pengguna ditawari akses BBM cuma-cuma tanpa kuota.

Pihak BBM menyatakan bahwa pesan broadcast tersebut benar-benar bermasalah. Faktanya, isi pesan sekilas cukup menggiurkan.

Namun, tidak diketahui risikonya jika pengguna benar-benar menerima undangan dan menyebarkan kembali pesan tersebut.

Lewat akun Twitter resminya, pihak BBM memberikan konfirmasi bahwa channel BBM itu palsu. Pengguna juga diimbau untuk tidak menyebarkan pesan yang telah diterima.

“Bagi para pengguna BBM, harap tidak bergabung dan menyebarkan akun saluran (channel) palsu C0035E285, seperti pada gambar di bawah ini. Terima Kasih,” cuit akun @BBM pada Jumat (20/1/2017).

 

Saat ini pihak BlackBerry dikabarkan sedang berusaha untuk menghentikan broadcast palsu itu. Lalu bagaimana jika kita sudah terlanjur bergabung dengan Channel palsu tersebut? Jika Anda sudah terlanjur bergabung ke BBM Channel tersebut, jangan khawatir. Cara terbaik yang perlu Anda lakukan adalah meninggalkan channel tersebut.

Berikut cara untuk meninggalkan BBM Channel palsu:

1. Buka aplikasi BBM
2. Tap menu utama dan pilih Channels
3. Pilih Channels yang kamu ikuti
4. Tap menu di bagian kanan atas
5. Pilih Leave, seketika kamu akan meninggalkan BBM Channel.

cara keluar dari channel bbm palsu
Cara keluar dari channel bbm palsu

Kenapa perlu mendinggalkan Channel BBM palsu ini? Salah seorang pakar keamanan siber dan kriptografi Pratama Persadha berpendapat bahwa pengguna BBM sebaiknya tidak mudah tergoda dengan iming-iming pesan broadcast palsu.

Apalagi, pengguna BBM tidak tahu channel tersebut valid atau tidak. Ia menegaskan bahwa pihak yang membuat BBM Channel itu adalah orang yang tak bertanggung jawab.

“Konsep BBM dulu kan hanya chatting, sekarang berubah fungsi menjadi media. Nggak usah buka media lain, semua tersentralisasi di BBM. Mau ngapain-ngapain, udah ada di BBM semua. Nah, dengan berubah fungsinya BBM, semua orang bebas bisa bikin channel, ini kaya semacam fanpage kalau di Facebook, tujuan utama dia (orang tak bertanggung jawab) mencari user banyak,” terang Pratama.

Yang patut diwaspadai, tambahnya, channel palsu itu kemarin sudah mencapai lebih dari 4 juta member. Kalau dimanfaatkan orang tidak bertanggung jawab bisa disebarkan malware, trojan, virus, dan lainnya.

“Semua data transaksi internet banking bisa dicuri oleh hacker. Bahkan data pengguna, termasuk nomor telepon bisa dijual ke perusahaan keuangan, semua data personal riskan dijual,” pungkasnya.

Facebook Comments

About Hartanto

Check Also

Verratti

Verratti, Juve atau Barca?

Barcelona dan Juventus mendapat kabar baik dalam perburuan gelandang Paris Saint Germain Marco Verratti. Pemain …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PENGUMUMAN

Website ini telah dipindahkan ke situs HAXAV PORTAL. Silahkan Anda akses link https://portal.haxav.com/ dan tekan Ctrl+D pada keyboard Anda untuk bookmark situs kami. Terima kasih,