Home / Gaya Hidup / Cara Mudah Mengatasi Mata Minus Dengan Tangan
Cara mengatasi mata minus tanpa kacamata dan alat bantu
Cara mengatasi mata minus tanpa kacamata dan alat bantu

Cara Mudah Mengatasi Mata Minus Dengan Tangan

Apakah Anda penderita mata minus? Bagi mereka atau bahkan mungkin Anda yang menderita mata minus, tentu keberadaan alat bantu penglihatan seperti kacamata atau kontak lens sangat penting dalam kehidupan sehari-hari Anda. Namun bagaimana jadinya kalau kemudian kita lupa membawa kacamata? Mungkin sebagian besar dari penderita mata minus pernah mengalami kejadian lupa untuk membawa atau memakai kedua alat tersebut di atas. Hati-hati, jika sering lupa membawa kacamata minus Anda, berarti mungkin Ana mengalami dua masalah, mata minus dan pikun. 😀

Tapi pada pembahasan kali ini kita hanya akan membahas tentang bagaimana solusi yang bisa kita lakukan jika kita lupa membawa alat bantu penglihatan untuk mengurangi mata minus. Karena jika sampai lupa, tentu saja ini akan sangat mengganggu kegiatan keseharian Anda bukan?

Tapi tenanglah, Anda tidak perlu terlalu ‘bete’ dulu, sebenarnya ada cara yang sangat-sangat sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata minus tanpa menggunakan kacamata atau alat bantu lainnya. Bagaimana caranya? Sangat mudah, yaitu Anda cukup menggunakan tangan Anda untuk mengatasi mata minus. Dalam hal ini adalah ketika Anda akan membaca tulisan yang sulit untuk Anda baca dengan mata telanjang. Penasaran bagaimana caranya Mengatasi Mata Minus Dengan Menggunakan Tangan? Akan kami jelaskan disini.

Namun sebelumnya, sebagai pengantar ada baiknya kita membahas sedikit tentang apa itu mata minus. Mata minus atau rabun jauh memiliki istilah medis miopia. Kondisi ini menyebabkan Anda kesulitan melihat benda jarak jauh.

Sinar yang direfleksikan dari sebuah objek masuk ke mata melalui kornea, kemudian difokuskan oleh lensa mata ke retina. Pada mata normal, lensa mata dan kornea membiaskan cahaya yang masuk sehingga bayangan objek difokuskan tepat di retina. Sedangkan pada mata minus, cahaya yang masuk tidak fokus di retina, namun jauh di depannya. Hal ini dapat disebabkan oleh karena kornea terlalu cembung atau panjang bola mata yang terlalu besar. Sehingga jika Anda memiliki mata minus, pada saat melihat objek dari jarak jauh, objek akan terlihat tidak fokus atau pudar.

Cara Mengatasi Mata Minus Tanpa Alat (Hanya Menggunakan Tangan)

Seperti telah kami sampaikan sebelumnya, caranya Mengatasi Mata Minus Dengan Menggunakan Tangan sangatlah mudah, Anda cukup membuat lubang kecil dengan jari telunjuk dan ibu jari Anda, selanjutnya coba Anda melihat atau membaca melalui lubang yang telah Anda buat tadi seperti ketika Anda menggunakan teropopng. Perhatikan gambar ilustrasi di bawah ini.

Cara mengatasi mata minus dengan menggunakan tangan
Cara mengatasi mata minus dengan menggunakan tangan

Jika Anda melakukannya dengan benar, maka hal ini akan cukup membantu untuk mengurangi efek mata minus Anda.

Kenapa bisa seperti itu?

Hal semacam ini dikarenakan sebab jari-jari yang membuat celah tersebut akan memblok sinar yang datang hingga sinar yang masuk ke mata hanya dari lubang kecil dari jari tersebut.

Prinsip trik penggunaan tangan untuk mengatasi mata minus ini sendiri sebenarnya serupa dengan prinsip kerja Pinhole Camera, di mana dengan lubang yang kecil itu mata akan meningkatkan Depth of Field dengan cara membatasi jumlah cahaya sinar yang masuk ke mata. Dengan cara ini, sinar dapat menghimpit retina dengan cara segera hingga penerimaan gambar menjadi lebih terang.

Nah, itulah penjelasan singkat bagaimana cara megatasi mata minus tanpa kacamata atau alat bantu lainnya. Yaitu mengatasi mata minus hanya menggunakan tangan. Bagaimana? Anda mau mencobanya?

Facebook Comments

About Hartanto

Check Also

Apa Itu CloudFlare, Fungsi & Cara Setting CloudFlare

Apa Itu CloudFlare, Fungsi & Cara Setting CloudFlare

Salah satu hal yang terpenting yang perlu diperhatikan dalam pengembangan sebuah website adalah memastikan bahwa …

PENGUMUMAN

Website ini telah dipindahkan ke situs HAXAV PORTAL. Silahkan Anda akses link https://portal.haxav.com/ dan tekan Ctrl+D pada keyboard Anda untuk bookmark situs kami. Terima kasih,