Home / Berita / Dunia / Bagaimana Cara Google Maps Pantau Arus Lalu Lintas?
google map lalu lintas

Bagaimana Cara Google Maps Pantau Arus Lalu Lintas?

Google Maps merupakan salah satu aplikasi yang wajib terpasang di smartphone Anda, berbagai kemudahan yang diberikan membuat aplikasi besutan Google ini begitu banyak digunakan oleh para pengguna smartphone. Dan salah satu fitur yang cukup membantu pengguna Google Maps adalah kehadiran informasi lalu lintas di dalamnya. Dengan fitur ini, pengguna dapat memastikan arus lalu lintas dan informasi seputar jalan yang akan dilaluinya.

Bagi Anda yang terbiasa memanfaatkan layanan lalu lintas dari Google Maps, jelas hal itu sangat menguntungkan untuk menunjang aktifitas keseharian Anda. Namun tahukah bagaimana cara kerja Google Maps dalam memantau arus lalu lintas? Dan tahukah Anda, bahwa Google ternyata memantau arus lalu lintas berdasarkan lokasi pengguna secara langsung?

Sebagaimana dikutip dari Business Insider, Jumat (13/1/2017), metode pertama yang digunakan Google untuk memantau lalu lintas adalah mengumpulkan data dari pengguna Google Maps di iOS dan Android yang mengaktifkan fitur Location. Jadi dengan kata lain, Google memantau setiap aktivitas penggunanya setiap saat.

Aplikasi Google Maps tersebut kemudian mengirimkan data yang dikumpulkan secara anonim itu secara real-time ke pihak Google. Data tersebut kemudian dikalkulasikan untuk mengetahui jumlah kendaraan yang ada di jalanan di sekitaran pengguna.

Tidak hanya lokasi, perusahaan raksasa internet ini juga memantau kecepatan pergerakan pengguna. Dengan demikian Google dapat memperhitungkan kepadatan kendaraan di sebuah lokasi. Itu sebabnya, semakin banyak orang yang memakai Maps, data soal lalu lintas makin akurat.

Selain itu Google juga mengumpulkan data lalu lintas dari Waze. Aplikasi ini dibeli Google pada 2013. Melalui aplikasi Waze tersebut, pengguna dapat membagikan kondisi lalu lintasnya secara langsung.

Dalam beberapa kesempatan, Google juga memonitor laporan lalu lintas dari intansi terkait. Perusahaan yang kini dipimpin oleh Sundar Pichai itu juga menyimpan riwayat pola lalu lintas secara spesifik. Jadi, Maps dapat memperkirakan kondisi lalu lintas jalanan dalam waktu tertentu.

Facebook Comments

About Hartanto

Check Also

Apa Itu CloudFlare, Fungsi & Cara Setting CloudFlare

Apa Itu CloudFlare, Fungsi & Cara Setting CloudFlare

Salah satu hal yang terpenting yang perlu diperhatikan dalam pengembangan sebuah website adalah memastikan bahwa …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PENGUMUMAN

Website ini telah dipindahkan ke situs HAXAV PORTAL. Silahkan Anda akses link https://portal.haxav.com/ dan tekan Ctrl+D pada keyboard Anda untuk bookmark situs kami. Terima kasih,